-->

Materi Sistem Operasi Kelas X Semester 1

Buku Sistem Operasi

Bab 1 Pendahuluan


Sistem operasi adalah salah satu mata pelajaran wajib dasar program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran sistem operasi disampaikan di kelas X semester 1  dan semester dua masing-masing 3 jam pelajaran. 

Untuk semester 1 topik  materi pembelajaran menekankan pada pemanfaatan sistem operasi closed source dalam hal ini adalah sistem operasi keluarga windows. Sedangkan untuk  semester 2 topik materi pembelajaran menekankan pada pemenfaatan sistem  operasi open source dalam hal ini sistem operasi keluarga unik.  

Dalam sistem komputer sistem operasi merupakan salah satu komponen perangkat lunak komputer. Sistem Operasi merupakan perangkat lunak lapisan  pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di komputer.  Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak  aplikasi. 

Sistem operasi akan mengelola semua aktifitas komputer yang  berkaitan dengan pengaksesan perangkat keras, pengelolaan proses seperti penjadwalan proses, dan pengelolaan aplikasi. Sistem operasi mempunyai peranan yang sangat penting. Secanggih apapun perangkat keras komputer jika tidak didukung sistem operasi maka sistem komputer tersebut tidak akan ada  manfaatnya. 

Pembelajaran sistem operasi ini menggunakan metode pendekatan scientifik. Dalam pendekatan ini praktikum atau eksperimen berbasis sains  merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus,  dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat  dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan  kita amati. 

Ketika suatu permasalahan yang hendak diamati memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa terjawab, maka metode eksperimen ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis. 

Proses-proses dalam pendekatan scientifik meliputi beberapa tahapan yaitu: mengamati, hipotesis atau menanya, mengasosiasikan atau eksperimen,  mengumpulkan atau analisa data dan mengkomunikasikan. Proses belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

BAB 2

1. Perkembangan Sistem Operasi Windows
- Perkembangan Sistem Operasi
- Perkembangan Sistem Operasi Windows
2. Arsitektur Sistem Operasi
- Peran Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer
- Arsitektur Sistem Operasi
3. Arsitektur Sistem Operasi Windows.
4. Manajemen Process
5. Penjadwalan Prosesor

6. Manajemen Memori
7. Manajemen Input / Output
- Prinsip Perangkat Lunak Input / Output
- Disk
8. Manajemen File
9. Sistem Booting - BIOS
10. Sistem Booting: Post dan Proses booting

11. Metode Instalasi sistem clean install
12. Partisi Hardisk
13. Instalasi sistem operasi multiboot
14. Sistem Virtualisasi
15. Perintah Dasar DOS (disk Operating System)

16. Perintah Eksternal DOS
17. Sistem Registry Berbasis Windows
18. Dekstop Environment
19. Dekstop Environment

Note : Ada materi yang belum kami publikasikan. Silahkan contact kami jika sangat membutuhkan materi tersebut.
Layanan Contact : Klik disini

Sekian artikel Materi Sistem Operasi Kelas X Semester 1

0 Response to "Materi Sistem Operasi Kelas X Semester 1"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel