-->

Pengertian Basis Data (Database) Secara Singkat | Teori Informasi


Database dan Sistem Database menjadi komponen utama dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Berbagai aktivitas manusia secara tidak langsung berhubungan dengan database (Contoh. bank, reservasi, perpustakaan, supermarket, dll). 

Database Tradisional


Contoh interaksi diatas yang disebut sebagai aplikasi database tradisional, dimana hampir semua informasi yang disimpan dan diakses berupa data teks maupun numerik.

Database Modern


Pengertian Database

Apa itu Database ?

Istilah database sendiri mengacu pada koleksi data-data yang saling terkait satu sama lain dimana tujuan database adalah dapat digunakan untuk mengelola data dengan lebih efektif dan efisien.

Definisi Database

  • Menurut Gordon C. Everest : Database ialah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi(shared), terdefinisi secara formal dan juga dikontrol terpusat pada suatu organisasi. 
  • Menurut Toni Fabbri : Database ialah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
  • Menurut S. Attre: Database ialah koleksi data-data yang saling berinteraksi mengenai suatu organisasi atau enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.
  • Menurut fabbri dan Schwab: Database ialah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan (redundancy) data.

Sejarah Basis Data

Basis data modern muncul tahun 1960-an. Tahun 1970, peneliti IBM, Ted Codd, menerbitkan artikelnya yang pertama untuk basis data relasional. Tahun 1973, Charles W. Bachman menerima penghargaan Turing Award sebagai pelopor di bidang basis data. Tahun 1980, sistem basis data yang pertama yang dibangun dengan standar SQL.

Tujuan / Objektif Basis Data

  1. Data dan informasi sebagai sebuah aset penting perusahaan/organisasi. 
  2. Kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan data (speed).
  3. Efisiensi ruang penyimpanan (space) Mengurangi / menghilangkan redudansi data.
  4. Keakuratan (Accuracy) : Pembentukan kode & relasi antar data berdasar aturan / batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data, untuk menekan ketidakakuratan saat entry / penyimpanan data.
  5. Ketersediaan (Avaibility) Pemilahan data yang sifatnya pasif dari database aktif.
  6. Kelengkapan (Completeness) Kompleksnya data menyebabkan perubahan struktur database.
  7. Keamanan (Security) Memberikan keamanan atas hak akses data.
  8. Kebersamaan pemakaian (Sharability) Bersifat multiuser.

Pengertian Data dan Informasi 

Data merupakan sesuatu yang menyangkut barang, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang telah tercatat, diklasifikasikan, dan disimpan namun belum memiliki makna. 
Contoh, manusia: dosen, mhs, pelanggan,dll; barang: buku, meja; peristiwa, konsep, dsb., yang direkam baik dalam bentuk angka, huruf, teks, gambar atau suara.
Informasi adalah data yang telah dikelola dalam bentuk tertentu untuk memberikan makna atau arti bagi penerimanya.

Pengertian Basis Data

Basis data adalah sekumpulan data yang saling ber-relasi. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan, yang diorganisasi sedemikian rupa, sehingga kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat. Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama tanpa adanya pengulangan (redudansi) data.

Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik. Tidak semua bentuk penyimpanan data secara elektronis dapat disebut sistem basis data, karena yang diutamakan adalah pengaturan, pemilahan, pengelompokkan, atau pengorganisasian data yang akan kita simpan sesuai fungsi/jenisnya.

Operasi Dasar Basis Data
  • Pembuatan basis data baru.
  • Penghapusan basis data.
  • Pembuatan file/tabel baru.
  • Penghapusan file/tabel.
  • Penambahan/pengisian data baru ke dalam file/tabel.
  • Pengambilan data dari sebuah file/tabel.
  • Perubahan data dari sebuah file/tabel.
  • Penghapusan data dari sebuah file/tabel.

Pengguna Database

Pengguna database (“Actor on the scene”): lebih cenderung menggunakan / ada keterkaitan penggunaan database. Terdiri dari: Database Administrators Database Designers End Users System Analyst dan Application Programmers (Software Engineers).

Database Administrator
Orang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database (pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring, kebutuhan hardware/software). Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. 

Database Designer
Database Designer : bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Perlu koordinasi akan kebutuhan user database.

End User Database
End User Database adalah orang-orang yang pekerjaannya membutuhkan akses ke database untuk melakukan query, update maupun generate report database. 

End user dapat dikategorikan: 
Casual end users (end user tak tetap): user yang tidak selalu mengakses database, tapi kadang memerlukan informasi terbaru.
Naive / parametric end users: user yang pekerjaan selalu konstan query dan update data, spt: bank teller, pegawai reservasi, dll. Sophisticated end users : user yang melengkapi kebutuhan database user, spt: engineer, scientist, business analyst. Stand-alone users : user yang memaintain personal database.

System Analyst: orang menentukan kebutuhan sistem end user.

Application Programmers (Software Engineering): orang yang kerjaannya berhubungan dengan kebutuhan koneksi database.

Worker Behind The Scene

Orang-orang yang tidak tertarik pada database, akan tetapi lebih cenderung pekerjaannya mendevelop tool untuk kebutuhan database. “Worker behind the scene”, dapat dikelompokkan: 

DBMS system designers dan implementer 
Orang-orang yang merancang dan mengimplementasikan modul-modul dan interface paket-paket software DBMS. (ex. Modul: catalog, procs query lang., procs interface, access & buffering data, controlling cuncurrency, handling data recovery & security; interfacing: interface for integrated system).

Tool developers 
Orang-orang yang merancang dan mengimple-mentasikan tools untuk mendukung software DBMS, tool untuk meningkatkan performance database, tool untuk monitoring operasional database, dll)

Operators dan maintenance personnel 
Para personel administrator yang bertanggung jawab akan jalannya operasional database termasuk maintenance (hardware/software) DBMS.

Manfaat Database
  • Terpusat 
  • Sharing 
  • Quick 
  • Editing 
  • Akurasi dan Konsistensi 
  • Security 
  • Transaksi

Sifat Database

  • Berbagi : Dapat digunakan/diakses oleh satu atau lebih pengguna (user). 
  • Integrasi : Tidak terjadi redudansi data. Redudansi data: terdapat 2 atau lebih data yang sama. 
  • Keamanan : Pembatasan akses basis data.
  • Abstraksi : Basis data dipandang sebagai model nyata. Informasi yang disimpan dalam basis data merupakan sebuah usaha untuk menyajikan sifat dari beberapa objek yang sesungguhnya. 
  • Indepedensi : Jika sebuah perubahan dibuat ke dalam beberapa bagian dari suatu sistem aplikasi, maka seharusnya perubahan itu tidak mempengaruhi struktur data dasar yang digunakan oleh aplikasi.

Sistem Basis Data

Sistem yang terdiri atas sekumpulan tabel data yang saling berhubungan dan sekumpulan program (DBMS: Database Management System) yang memungkinkan berbagai user dan/atau program lain dapat mengakses dan memanipulasi tabel-tabel tersebut.

Sistem Basis Data adalah system terkomputerisasi yang tujuan  utamanya adalah memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat  dibutuhkan. 

Manajemen Sistem Basis Data (Database Management System DBMS) adalah perangkat lunak atau program aplikasi yang didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar. DBMS dapat menjadi alternative  penggunaan secara khusus untuk aplikasi, semisal penyimpanan data dalam fiel dan  menulis kode aplikasi yang spesifik untuk pengaturannya.

0 Response to "Pengertian Basis Data (Database) Secara Singkat | Teori Informasi "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel