-->

Macam-Macam Layanan Pada Jaringan Komputer Secara Singkat

Macam-Macam Layanan Pada Jaringan Komputer Secara Singkat

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Tujuan dari jaringan komputer adalah:
1.   Pembagian sumber daya: berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
2.   Komunikasi: surat elektronik, instant messaging, chatting
3.   Akses informasi: web browsing
4.   Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
5.  Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

Layanan Pada Jaringan Komputer

1. File Sharing & Printer Sharing : mempermudah pertukaran dan pengolahan data, sehingga pengaksesan file pada komputer lain menjadi lebih mudah
2. Database : sekumpulan informasi yang diorganisir dengan suatu  cara sehingga aplikasi komputer dapat dengan mudah mengambil data yang diinginkan
3. DNS (domain name server) : layanan pada jaringan yang berfungsi menerjemahkan domain menjadi alamat IP suatu komputer Misal : mengakses www.contoh.com, maka DNS server akan menerjemahkannya menjadi 202.101.55.22
4. Website : merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling berhubungan (memiliki hyperlink/link) dan memiliki tema tertentuURL (uniform resource locator) : sistem penamaan situs web
5. WWW : merupakan bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer, dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di EROPA, mulai dikembangkan semenjak tahun 1991.
6. HTML (hyper text mark up language) : bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam webChat : sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung di dalamnya untuk berkomunikasi atau bercakap-cakap secara langsung (real-time) lewat tulisan yang diketikkan oleh masing-masing peserta chat. Contoh program chat yang terkenal yaitu IRC dan ICQ.
7. Email (singkatan dari electronic mail) atau surat elektronik ialah pesan tertulis yang dikirim dari seorang pengguna komputer kepada pengguna komputer yang lain dengan menggunakan fasiltas program pengiriman data yang disediakan oleh sebuah server komputer yang terhubung dengan internet.
8. Mailing List disingkat Milis yaitu kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat e-mail yang digabungkan menjadi satu alamat e-mail. Email yang dikirim oleh seorang anggota milis ke alamat email milis tersebut akan diterima secara serentak oleh seluruh anggota milis yang bersangkuan Dengan demikian akan terjadi semacam diskusi tertulis jarak-jauh antar para anggota milis
9. Download yaitu mengambil file (baik berupa file program, teks, gambar, audio, video, dan lain-lain) dari dari sebuah komputer diinternet ke komputer pribadi (user). Kebalikannya adalah Upload yaitu mengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet.
10. FTP (file transfer protocol) : merupakan protokol yang bertanggung jawab pada pertukaran file di internet.
11. SFTP (securer transfer protocol) : SCP (secure copy), bekerja diatas protokol SSH (secure Shell) untuk proses autentifikasi dan data transfer sehingga data dan file yang dilewatkan mendapatkan keuntungan dari fitur enkripsi & keamanan protokol.
12. SSHWAP (wireless application protocol)
SSHWAP adalah pengaksesan internet via peralatan wireless (tanpa kabel) seperti handphone, PDA. Keuntungan WAP yaitu Sangat ringkas,Mudah digunakan,Dimana saja dengan syarat ada sinyal telepon dan Bisa menggunakan media apa saja
13. WEBLOG : aplikasi website yang berisi komentar yang secara berkala diperbarui oleh pemiliknya. Bisa bermacam-macam topik, mulai dari diary pribadi, agenda politik atau program komersial.  

Layanan Server Pada Jaringan Komputer 

1. DNS (Domain Name System) Server : Menyediakan alamat IP dari sebuah website atau domain name sehingga host dapat terkoneksi kepadanya.
2. Telnet Server :  Menyediakan layanan bagi administrator agar dapat log in ke sebuah host dari remote location dan mampu mengatur host tersebut dari jarak jauh.
3. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Server : Menyediakan layanan yang memberikan alamat IP, Subnet Mask, Default Gateway dan informasi bagi client.
4. FTP (File Transfer Protocol) Server : Menyediakan layanan agar client dapat mengunduh dan mengunggah file antara client dan server.
5. Mail Server : Menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Post Office Protocol (POP3) atau Internet Message Access Protocol (IMAP). Digunakan untuk mengirimkan email dari client ke server  melalui Internet. Pengguna menggunakan format tertentu berupa user@xyz.
6. Web Server : Menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Digunakan untuk mentransfer informasi dari web server ke web client. Sebagian besar web pages menggunakan HTTP.

Sekian artikel tentang Macam-macam Layanan Pada Jaringan Komputer Secara Singkat . Silahkan share and subcribe jika artikel ini bermanfaat, sekian Terima kasih. 

0 Response to "Macam-Macam Layanan Pada Jaringan Komputer Secara Singkat"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel