-->

Netiket, Etika Berkomunikasi di Internet

Netiket, Etika Berkomunikasi di Internet


Netiket adalah singkatan dari internet etiquette atau etika komunikasi di Internet. Etika tersebut dibawa pada saat menggunakan internet, dari email yang bersifat personal hingga forum digital seperti forum boardsocial networkingchat dan sebagainya. Sama seperti halnya sebuah komunitas, forum digital juga mempunyai aturan dan tata tertib tertentu, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.


Update status, komentar, like, share, dan komunikasi lainnya di internet (media online/media sosial) ada etikanya, yaitu etika komunikasi di internet (netiquette = internet etiquette).

loading...
Ada sopan-santun dalam berkomunikasi di internet sebagai "adab pergaulan di dunia maya". Kepribadian, karakter, akhlak (budi pekerti), serta tingkat keimanan dan wawasan seseorang tercermin dari status, komen, juga yang dibagikannya (like & share).

Orang yang berpendidikan (well educated) dan tidak beradab (uncivilized people) juga tercermin dalam pesan dan gaya komunikasinya di internet, baik di media sosial maupun komentar di situs berita.
Banyak orang yang sangat berani berkata kotor, cabul, menghina, membully, atau sumpah-serapah di internet. Salah satu penyebabnya karena mereka atau kita bisa komentar dengan menggunakan akun palsu, nama palsu, anonymous.

Pengertian Etika

Dalam literatur komunikasi, kita mengenal istilah "etika komunikasi". Secara bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Etika adalah "ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)".

Etika sering disebut juga dengan "etiket" (étikét), yaitu "tata cara (adat sopan santun, dsb) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antara sesama manusianya" (KBBI). 

Poin-Poin Etika komunikasi di Internet (Netiket)

Bergaul dalam dunia maya dengan bergabung dalam suatu forum atau grup, banyak membawa manfaat. Tidak hanya wawasan keilmuan kita yang makin berkembang, namun prospek  kita juga layak diharapkan. Dengan banyak bergaul, aktif menyumbang ide dan pemikiran, tentunya dengan netiket forum yang sesuai.

Salah satu rujukan etika komunikasi di Internet (cyberspace) adalah artikel Virginia Shea yg berjudul The Core Rule of Netiquette.

Shea menyebutkan ada 10 peraturan ketika berinteraksi di dunia maya. Intinya sama dengan etika komunikasi di dunia nyata, seperti jangan menyakiti, jangan menyinggung perasaan, berbicara efektif, jangan sungkan minta maaf jika keliru, dan sebagainya.

Berikut ini etika komunikasi di internet (Netiquette)

1. Remember the human
Jangan lupa, orang yang membaca email anda atau postingan anda adalah manusia juga yang punya perasaan, bisa tersinggung atau sakit hati. Jadi, jangan menyakiti hati orang lain. Jangan kirim email atau posting yang sekiranya mempermalukan.

2. Adhere to the same standard of behavior online that you follow in real life
Standard etika komunikasi di Internet sama saja dengan etika komunikasi didunia nyata, seperti etis, menghargai pendapat orang lain, dan jangan melanggar hukum (breaking the law is bad Netiquette)

3. Know where you are in cyberspace
Setiap situs atau forum online biasanya punya aturan main. Maka, taati aturan itu. Baca dulu aturan sebelum gabung. "intai dulu sebelum melompat" (Lurk before you leap). Sadari anda di forum apa dan bagaimana.

4. Respect other people's time and bandwidth
Posting Pesan yang sesuai dengan grup diskusi. Jangan ajukan pertanyaan bodoh. Baca dokumen FAQ (Frequently Asked Questions) atau "Yang Sering Ditanyakan" (YSD).

Jangan posting hal yang sekiranya sudah diketahui anggota grup (don't waste expert readers time by posting basic information).

Jika anda tidak setuju dengan sebuah forum online, jangan buang waktu dengan "menggugat" mereka. Tinggalkan saja! (if you disagree with the premise of a particular discussion group, don't waste the time and bandwidth of the members by telling them how stupid they are. Just stay away.

5. Make yourself look good online
Cek grammar dan ejaan (tata bahasa) sebelum posting. Pahami yang anda katakan dan pastikan ia masuk akal. Know what you're talking about and make sense.

6. Share expert knowledge
Bagilah pengetahuan dan wawasan anda. Sedekah ilmu! Jawab pertanyaan yang ada jika anda tahu.

7. Help keep flame wars under control
Kendalikan emosi anda! Jangan posting apapun dalam keadaan marah! Jangan posting atau kirim komentar yang bernada tinggi.
Ada pepatah : sesuatu yang dimulai dengan rasa marah akan menghasilkan penyesalan jangan ragu. Minta maaf jika anda keliru atau menyinggung perasaan orang lain.

8. Respect other people's privacy
Hargai privasi orang. Jangan baca email, pesan, atau inbok pribadi orang lain. Don't read other people's private email.

9. Don't abuse your power
Jangan menyalahgunakan kekuasaan. Jangan korupsi! Makin besar kekuasaan yang anda miliki, kian penting bagaimana menggunakannya. The more power you have, the more important is that you use it well.

10. Be forgiving of other people's mistakes
Jika orang lain salah maafin aja. Namun, jika salahnya keterlaluan seperti sudah melanggar aturan hukum, hate speech (ujaran kebencian), laporkan saja!

Demikian bahasan artikel tentang etika komunikasi di internet (Netiquette) menurut Virginia Shea. Dengan sedikit penjelasan dari saya.

0 Response to "Netiket, Etika Berkomunikasi di Internet "

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel