-->

Pengertian Jaringan Komputer dan Keuntungannya

Jaringan Komputer
Menurut Definisi, yang dimaksud dengan jaringan komputer (computer networks) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomous. 

Dalam bahasa yang popular dapat dijelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer dan perangkat lain seperti printer, hub, dan sebagainya yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. 

Dengan menggunakan jaringan komputer dapat memberikan beberapa keuntungan, yaitu: 

A. Keuntungan utama dari penggunaan jaringan komputer adalah kemampuan resources sharing, yaitu kemampuan berbagi pakai sumber daya yang terdapat dan terhubung dalam jaringan komputer tersebut. 

Sumber daya tersebut bisa berupa perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya tidak perlu menyediakan printer sejumlah komputer yang ada, melainkan cukup satu atau beberapa printer yang kemudian dapat dibagi pemakaiannya, begitu pula halnya dengan perangkat lunak, baik sistem aplikasi maupun data.

B. Dengan adanya kemampuan untuk berbagi pakai perangkat lunak terutama data, maka memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan perangkat komputer lain untuk mengakses data yang terdapat pada sebuah komputer pada saat komputer tersebut dipergunakan orang lain.

Dengan demikian tidak ada keharusan bagi seseorang untuk bekerja pada satu komputer. Dengan demikian hal itu dapat diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan meningkatkan produktivitas para pengguna komputer tersebut. 

C. Dengan kemampuan berbagi pakai data, hal itu memungkinkan dilakukannya pemusatan data sehingga akan meningkatkan faktor keamanan data, terutama karena data tidak akan dapat diakses oleh orang yang tidak berhak. 

D. Keuntungan lain adalah kemungkinan dilakukannya kontrol terhadap penggunaan perangkat komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut. Hal ini akan mengurangi penggunaan perangkat-perangkat tersebut untuk hal-hal yang tidak perlu; begitu pula halnya dengan waktu penggunaan perangkat tersebut. 
Jaringan Komputer

Media perantara bisa berupa media kabel ataupun media tanpa kabel (nirkabel). Informasi berupa data akan mengalir dari satu komputer ke komputer lainnya atau dari satu komputer ke perangkat yang lain, sehingga masing-masing komputer yang terhubung bisa saling bertukar data atau berbagi perangkat keras. 

Untuk memudahkan memahami jaringan komputer, para ahli kemudian membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi, antara lain :

2) Berdasarkan media penghantar (alat koneksi) 
3) Berdasarkan fungsi alat

Sekian artikel Pengertian Jaringan Komputer dan Keuntungannya. 

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer dan Keuntungannya"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel