-->

Pengertian LAN, MAN, WAN dan Internet Beserta Penjelasan Lengkap

Bentuk Jaringan
Berdasarkan area, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis antara lain: 

1) LAN (Local Area Network) 

Local Area Network adalah jaringan lokal yang dibuat pada area tertutup, misalnya dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Kadangkala jaringan lokal disebut juga jaringan privat. 

LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil yang menggunakan resource atau sumber daya secara bersama-sama, contohnya penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama sehingga dapat diakses oleh siapa saja yang terhubung dalam jaringan. Luas cakupan area LAN bervariasi dari 10 meter sampai seluas 10.000 meter. 

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. 

2) MAN (Metropolitan Area Network) 

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. 

Metropolitan Area Network menggunakan metode yang sama dengan LAN namun dengan daerah cakupan yang jauh lebih luas. Daerah cakupan MAN bisa satu RW, beberapa kantor yang berada dalam kompleks yang sama, satu kota, bahkan satu propinsi. Dapat dikatakan MAN merupakan pengembangan dari LAN. 

Luas cakupan area MAN bervariasi dari 10.000 sampai seluas 100.000 meter. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. MAN ini merupakan jaringan yang tepa Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. 

Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. 

3) WAN (Wide Area Network) 

Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yangmembutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Wide Area Network cakupannya lebih luas daripada MAN. 

Cakupan WAN meliputi satu kawasanm satu Negara, satu pulau, bahkan satu benua. Metode yang digunakan WAN hamper sama dengan LAN dan MAN. Luas cakupan area WAN bervariasi dari 100.000 sampai seluas 10.000.000 meter. 

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. 

4) Internet 

Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia. Sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet, bahkan tidak menutup kemungkinan mencakup antarplanet. Koneksi antar jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan Internet Protocol (IP)

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Topologi LAN, MAN, WAN dan Internet
Pola Jaringan

Terdapat juga beberapa jenis jaringan lainnya seperti SAN (Storage Area Network), PAN (Personal Area Network), CAN (Cluster Area Network) yang secara garis besar masih dapat dikelompokkan dalam LAN, MAN, WAN dan internet. 

Perbedaannya terdapat pada macam-macam jenis layanan yang disediakan sehingga dibuat istilah-istilah tertentu untuk membedakannya dengan yang lain.

0 Response to "Pengertian LAN, MAN, WAN dan Internet Beserta Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel