-->

Apa itu Server SMTP dan Perintah Yang Digunakan Pada SMTP

Apa itu Server SMTP


Setiap kali kita mengirim sepotong e-mail, klien e-mail kita berinteraksi dengan server SMTP untuk menangani pengiriman. SMTP server untuk host kita mungkin memiliki percakapan dengan server SMTP lain untuk mengirimkan email. Mari kita asumsikan bahwa saya ingin mengirimkan sepotong e-mail. 

E-mail ID saya adalah anonym, dan saya memiliki akun di garudayaksa.com. Saya ingin mengirim e-mail ke jpri@dadali.com. Saya menggunakan e-mail klien yang berdiri sendiri seperti Mozilla Thunderbird atau Outlook Express. Ketika saya menset-up akun saya di garudayaksa, saya mengatur Outlook Express nama mail server - mail.garudayaksa.com. 


Ketika saya menulis pesan dan menekan tombol Send, inilah yang terjadi:

1) Outlook Express menghubungkan diri ke server SMTP di mail.garudayaksa.com menggunakan port 25.

2) Outlook Express melakukan percakapan dengan server SMTP, memberitahu server SMTP alamat pengirim dan alamat penerima, serta tubuh pesan.

3) SMTP server mengambil "ke" alamat (jpri@dadali.com) dan mengelompokkannya menjadi dua bagian: nama penerima (jpri) dan nama domain (dadali.com). Jika "ke" adalah alamat pengguna lain digarudayaksa.com, server SMTP hanya akan menyerahkan pesan keserver POP3 untuk garudayaksa.com (menggunakan program kecil yang disebut agen pengiriman). Karena penerima di domain lain, SMTP perlu berkomunikasi dengan domain tersebut.

4) Server SMTP memiliki percakapan dengan Domain Name Server, atau DNS (lihat Bagaimana Web Server Bekerja untuk rincian). Ia mengatakan, "Dapatkah Anda memberi saya alamat IP dari server SMTP untuk dadali.com?" DNS itu menjawab dengan satu atau lebih alamat IP untuk server SMTP yang beroperasi untuk dadali.

5) Server SMTP di garudayaksa.com menghubungkan diri dengan serverSMTP di dadali menggunakan port 25. Mereka memiliki percakapan teks sederhana yang mengatakan bahwa klien e-mail saya telah meminta  server SMTP untuk garudayaksa untuk memberikan pesan ke server dadali. Server dadali mengakui bahwa nama domain untuk jpri adalah di dadali, sehingga memindahkan pesan ke server POP3 dadali, yang menempatkan pesan di kotak surat jpri di situ.

Jika, karena beberapa alasan, server SMTP di garudayaksa tidak dapat terhubung dengan server SMTP di dadali, maka pesan masuk ke antrian. SMTP server pada kebanyakan mesin menggunakan program yang disebut sendmail untuk melakukan pengiriman aktual, sehingga antrian ini disebut antrian sendmail. 

Sendmail secara berkala akan mencoba untuk mengirim pesan dalam antrian nya. Sebagai contoh, mungkin coba lagi setiap 15 menit. Setelah empat jam, biasanya akan mengirimkan sepotong surat yang memberitahu kita ada semacam masalah. Setelah lima hari, kebanyakan konfigurasi sendmail menyerah dan kembali surat kepada Anda tidak terkirim.

Server SMTP menggunakan perintah teks yang sangat sederhana seperti HELO, MAIL, RCPT dan DATA. Perintah yang paling umum adalah:
a) HELO - memperkenalkan diri
b) EHLO - memperkenalkan diri dan modus permintaan diperpanjang
c) MAIL FROM: - menentukan pengirim
d) RCPT TO: - menentukan penerima
e) DATA - menentukan batang tubuh pesan (Kepada, Dari dan Subyek
harus menjadi tiga baris yang pertama.)
f) RSET – ulang
g) QUIT - berhenti dari sesi
h) HELP - mendapatkan bantuan pada perintah
i)  VRFY - memverifikasi alamat
j) EXPN - memperluas alamat
k) VERB – verbose, memperbanyak kata

Sekian artikel tentang Apa itu Server SMTP dan Perintah Yang Digunakan Pada SMTP. 

0 Response to "Apa itu Server SMTP dan Perintah Yang Digunakan Pada SMTP"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel