-->

Algoritma

Algoritma dan Pemrograman Dasar


Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma yang dapat menyelesaikan masalah dalam waktu singkat memiliki tingkat kerumitan yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu masalah membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi. 
Pembuatan algoritma memiliki banyak keuntungan diantaranya:
a)      Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang melaksanakannya
b)      Notasi algoritma dapat diterjemahkan kedalam berbagai bahasa pemrograman
c)      Apapun bahasa pemrogramannya output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmannya sama
v  Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat algoritma :

Ø  Teks algoritma berisi deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah. Deskripsi tersebut dapat ditulis dalam notasi apapun asalkan mudah dimengerti dan dipahami
Ø  Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Notasi yang digunakan dalam menulis algoritma disebut Notasi Algoritmik.
Ø  Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan Notasi Algoritmik sendiri. Hal ini dikarenakan teks algoritma tidak sama dengan teks program. Namun, supaya Notasi Algoritmik mudah ditranlasikan kedalam notasi bahasa pemrograman tertentu, maka sebaiknya Notasi Algoritmik tersebut berkorespondensi dengan notasi bahasa pemrograman secara umum.
Ø  Notasi Algoritmik bukan notasi bahasa pemrograman, karena itu pseudocode dalam Notasi Algoritmik tidak dapat dijalankan pada komputer. Agar dapat di jalankan oleh komputer, pseudocode dalam Notasi Algoritmik harus ditranslasikan atau diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman yang dipilih. Perlu diingat bahwa orang yang menulis program sangat terikat dalam aturan tata bahasanya dan spesifikasi mesin yang menjalankannya. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan intruksi kode program yang sebenarnnya.
Ø  Algoritma sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan kedalam bahasa pemrograman
Ø  Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus di translasikan kedalam notasi bahasa pemrograman.

v  v  Pengertian Variabel
Variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat di ubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memori komputer. Setiap variabel adalah memiliki nama yang sebagai identitas variabel tersebut.
Dalam matematika, konsep variabel biasanya menggunakan x atau y, seperti persamaan berikut
x = y + 2
Disini nilai ‘x’ dan ‘y’ bisa diisi dengan angka apapun (walaupun dalam persamaan diatas, nilai x bergantung kepada nilai y)
Di dalam pemrograman nilai variabel bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung kebutuhan. Sebagai contoh, jika saya membuat proram menghitung luas lingkaran. Saya bisa membuat variabel ‘jari2’ dan mengisinya dengan nilai ‘7’, kemudian didalam kode program, saya bisa mengubah nilainya menjadi ‘8’,’10’ atau ‘1000’.

v  Macam-macam kelompok tipe data pada pascal
Ø  Tipe Data Standar Pascal
Kelompok pertama adalah tipe data standar pascal, atau dikenal juga sebagai tipe data sederhana. Kelompok ini terdiri dari 4 tipe data : Integer, Real, Character, dan Boolean.
§  Tipe Data Integer
Tipe data integer adalah tipe data yang terdiri dari angka bulat (tidak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal). Nilai ini bisa berbentuk angka positif maupun negatif contohnya 3,99,1114,-44,10000, atau 128730123.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe integer pada pascal :
var
 a:integer;
§  Tipe Data Real
Tipe Data Real adalah tipe data angka yang mengandung nilai pecahan (baik positif maupun negatif) seperti 3.14, 99.99,atau 679073.22.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data real didalam pascal :
var
 a:real;

§  Tipe Data Char
Tipe data char adalah tipe data yang akan menampung karakter. Karakter ini hanya boleh terdiri dari 1 digit, seperti ‘a’, ‘A’, ‘x’, atau ‘#’.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data char didalam pascal :
var
 a:char;
§  Tipe Data Boolean
Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya bisa diisi dengan 1 diantara 2 nilai : true atau false (benar atau salah). Tipe data boolean biasanya digunakan untuk percabangan kode program seperti struktur IF atau perulangan (looping).
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data boolean didalam pascal :
var
  a:boolean;
Ø  Tipe Data Bentukan (User Defined) Pascal
Kelompok kedua dari tipe data pascal adalah tipe data  bentukan (User Defined) atau biasa di kenal dengan Tipe data non Standar. Tipe data bentukan ini terdiri dari 2 tipe : Enumerated dan Subrange. Kedua tipe data ini harus di definisikan didalam bagian tipe struktur pascal.
§  Tipe Data Enumerated
Tipe data enumerated adalah tipe data yang isinya terdiri dari kelompok data yang sudah ditentukan. Sebagai contoh, kita bisa membuat tipe data enumerated warna yang berisi : merah, kuning, biru, dan ungu.atau tipe data nama_hari yang berisi nama-nama hari seperti senin, Selasa, rabu, kamis, dst.
Tipe data enumerated sering juga disebut enumeration atau enum saja.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data enumerated didalam pascal :
type
 nama_hari=(senin,Selasa,rabu,kamis,jumat,sabtu,minggu);
var
 a:nama_hari;
§  Tipe Data Subrange
Tipe data subrange adalah tipe data bentukan yang berasal dari bagian (sub) tipe data lain dan berada dalam sebuah jangkauan (range). Contohnya, kita bisa membuat tipe data baru yang hanya terdiri dari angka 0 sampai 9, atau hanya dari huruf ‘a’ hingga ‘e’.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data Subrange didalam pascal :
type
  satuan=1..9;
var
 a;satuan;
Ø  Tipe Data Structured Pascal
Kelompok tipe data ketiga adalah tipe data structured, atau tipe data terstruktur.
Kelompok ini terdiri dari tipe data Array, String, Record, Set dan File.
§  Tipe Data Array
Tipe data array adalahtipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data lain yang masih setipe. Angggota dari array ini dikenal dengan element. Didalam pascal, jumlah element array harus sudah di tentukan di awal program.


Berikut contoh cara pendefinisian tipe data array didalam pascal :
var
 nilai:array[0..9]of integer;
§  Tipe Data String
Tipe data string adalah tipe data yang bisa menampung banyak karakter sekaligus, seperti kata, atau kalimat. Secara internal didalam pascal, string merupakan array dari tipe data char, oleh karena itu, tipe data ini sering dimasukkan kedalam array.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data array didalam pascal :
Var
 a:string;
§  Tipe Data Record
Tipe data record adalah tipe data yang anggotanya terdiri dari berbagai jenis tipe data lain. Berbeda dengan array yang hanya bisa diisi dengan tipe data yang sejenis, di record bisa berisi berbagai jenis tipe data.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data record didalam pascal :
Var
 Siswa:record;
 Nama:string[20];
 Umur:integer;
 Sekolah:string[30];
 Kota:string[20];
End;
§  Tipe Data Set
Tipe data set adalah tipe data yang isinya terdiri dari sebuah himpunan tipe data lain, seperti himpunan angka 1 sampai 9, himpunan huruf vokal, dll. Tipe data set digunakan untuk membuat operasi himpunan seperti gabungan, irisan, selisih.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data set didalam pascal :
Var
 A:set of 1..9;
§  Tipe Data File
Tipe data file adalah tipe data yang digunakan untuk mengakses file. Tipe data ini digunakan jika kita ingin membaca file atau menulis sesuatu kedalam file.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data file didalam pascal :
Var
Myfile:file of single;
Ø  Tipe Data Pointer
Kelompok keempat dari tipe data pascal adalah tipe data pointer. Kelompok tipe data ini hanya terdiri dari jenis: pointer.
Tipe data pointer adalah tipe data yang berisi alamat memori dari sebuah varabel. Tipe data ini digunakan jika kita butuh memanipulasi variabel langsung dari memori komputer. Biasanya pointer digunakan ketika mempelajari struktur data.
Berikut contoh cara pendefinisian tipe data pointer didalam pascal :
Var
 Pointer:string;


1.       Flowchart
·         Flowchart adalah  gambaran dlam bentu diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menanyatakan arah alur program tersebut. Flowchart terdiri dari simbol-simbol yang mempunyai arti tertentu
Ø  Simbol-Simbol Flowchart
§  Flow Direction Symbols à dipakai untukmenggabungkan antara simbol yang satu dengan yang lainnya.
Symbol Off-Line Connector
Simbol untuk keluar / masuk prosedure atau proses dalam lembar atau halaman lain
Symbol Connector
Simbol untuk keluar masuk prosedur atau proses dalam lembar / halaman yan lain
Symbol Comunication Link
Simbol tranmisi untuk informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya

§  Processing Symbols  à menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur.
Symbol Process
Simbol yang menunjukan pengolahan yang dilakukan oleh komputer
Symbol Manual Operation
Simbol yang menunjukan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer
Symbol Decision
Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemunginan jawaban/aksi
Symbol Predifined  Process
Sebagai tempat pengolahan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage
Symbol Terminal
Simbol untuk permulaan atau akhir suatu program
Symbol Off-line Storage
Simbol yang menunjukan bahwa data didalam simbol ini akan disimpan
Symbol Manual Input
Simbol untuk pemasukan data secara manual online keyboard
Symbol Keying Operating

Simbol operasi  dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard

§  Input-Output Symbols à menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.



1 Response to "Algoritma"

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel