-->

Skema Pengalamatan Jaringan IP Hirarkikal

JARINGAN DATAR (HORIZONTAL)

Pengertian horizontal disini adalah sistem pengkabelan akan berjalan secara horizontal baik diatas lantai ataupun di bawah atap. Dengan kata lain horizontal adalah jaringan sama level antar device yang terhubung sebuah jaringan komputer. Artinya semua device dalam jaringan tersebut hanya berinteraksi dalam satu level. 

Horizontal merupakan jaringan yang mana setiap perangkat device memiliki kedudukan yang sama, artinya berada pada level yang sama. Jaringan peer to peer, jaringan LAN merupakan sebuah penerapan dari jaringan Datar (horizontal) yang mana setiap perangkat keras jaringan ( device ) memiliki hak yang sama di dalam jaringan tersebut.

Skema pengalamatan pada Dua jaringan tersebut pada dasarnya sama, perbedaannya adalah pada jaringan datar tidak ada alamat ip yang mewakili untuk menuju atau menerima data informasi, sedangkan pada jaringan Hirarkikal akses ke level yang lebih tinggi akan di wakili oleh sebuah alamat ip yang terhubung langsung dengan jaringan pada level diatasnya.

Untuk ip yang digunakan masih fleksible tergantung administrator jaringan, kelas A Kelas B dan Kelas C maupun Kelas D atau E semua dapat di terapkan sesuai kebutuhan dari jaringan itu sendiri.


JARINGAN HIRARKIKAL

1. Pengertian Jaringan Hirarkikal

Jaringan hirarkikal adalah jaringan bertingkat yang merupakan jaringan terkoneksi dengan level-level lain yang memiliki fungsi dan layanan berbeda. Jaringan Hirarkikal adalah sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa level (tingkat) dengan fungsi dan hak akses yang berbeda-beda. dimana terdapat beberapa perangkat device yang memiliki hak untuk mengatur perangkat / device yang lain yang berada dilevel bawahnya. 

2. Contoh Jaringan Hirarkikal
Contoh jaringan hirarkikal adalah internet, dimana antara user di level akses berinteraksi juga dengan level distribusi diatasnya (ISP) dan level core (inti) diatasnya juga.

3. Model Jaringan JarJarin Hirarkikal
Pada model ini membagi menjadi 3 lapisan atau layer menjadi diskrit sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tiga lapisan tersebut adalah seperti gambar di bawah ini :
1. Access layer
Lapisan yang langsung berkomunikasi atau terhubung dengan perangkat akhir, seperti PC, printer, telepon
2. Distribution Layer 
Lapisan yang di gunakan untuk menghubungkan Access layer ke core layer yang berfungsi untuk mengendalikan lalu lintas jaringan.
3. Core layer
Lapisan inti dari model hirarki jaringan, biasanya di gunakan untuk menghubungkan jaringan ke internet.
Pembagian Kelas IP

KONSEP PENGALAMATAN JARINGAN HIRARKIKAL

Pengalamatan jaringan merupakan suatu metode pengalamatan IP yang bertujuan untuk mengatur alamat suatu komputer yang terhubung dalam jaringan global maupun lokal.Pengalamatan jaringan juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dalam suatu jaringan atau dalam sebuah jaringan internet. Pengalamatan IP berupa alamat yang terdiri dari 32-bit yang dibagi menjadi 4 oktet yang masing masing berukuran 8-bit.

SKEMA HIRARKI PENGALAMATAN IP

Skema pengalamatan IP dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengalamatan 32-bit (terstruktur/hierarki) dan pengalamatan flat (datar/non-hierarki). Walaupun kedua jenis skema pengalamatan bisa digunakan, namun pengalamatan hierarki dipilih dengan alasan yang baik.

Keuntungan dari skema pengalamatan hierarki yaitu kemampuannya yang bisa menangani pengalamatan yang besar. Sedangkan kekurangan dari skema pengalamatan flat dan alasan kenapa pengalamatan IP tidak menggunakannya yaitu masalah routing yang tidak efisien dan hanya sebagian kecil alamat yang digunakan
dalam pengalamatan IP.

Solusi untuk masalah tersebut yaitu menggunakan dua atau tiga tingkatan yang bisa dibandingkan dengan nomer telepon, skema pengalamatan hirarki yang terstruktur oleh network (jaringan) dan host atau network, subnet dan host yang digunaan untuk menunjukkan alamat jaringan (network).

Sekian artikel tentang Skema Pengalamatan Jaringan IP Hirarkikal. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Skema Pengalamatan Jaringan IP Hirarkikal"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel