-->

Metode Instalasi Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi dalam sebuah komputer atau laptop dipasang pada hard disk, dan simpan pada sebuah partisi disk. Terdapat berbagai metode untuk menginstal sebuah sistem operasi. Metode yang dipilih untuk instalasi ini didasarkan pada sistem perangkat keras, sistem operasi yang diinstal, dan kebutuhan pengguna.

Terdapat Ada empat pilihan dasar yang tersedia untuk instalasi sistem operasi baru yaitu :

1) Metode Clean Install

Metode ini dilakukan jika sistem operasi sebelumnya tidak bisa di upgrade sehingga harus dilakukan pembersihan atau menghapus semua data pada partisi dimana sistem operasi dipasang. Dalam proses ini membutuhkan sistem operasi baru atau sama dengan sistem operasi sebelumnya dan sistem operasi lama dihapus total.

2) Metode Upgrade.

Dalam metode ini sistem operasi yang akan diinstall masih dalam platform yang sama. Pengguna hanya melakukan upgrade. Dengan upgrade, sistem pengaturan konfigurasi, aplikasi dan data tetap tersimpan. Metode Ini hanya menggantikan file sistem operasi lama dengan file sistem baru.

3) Metode Multi-boot

Metode ini memungkinkan untuk menginstal lebih dari satu sistem operasi di satu komputer. Setiap sistem operasi dipasang dalam partisi tersendiri dan
memiliki file dan pengaturan konfigurasi yang berbeda. Pada start-up, pengguna disajikan dengan menu untuk memilih sistem yang diinginkan. Hanya satu sistem operasi saja yang dapat berjalan pada satu waktu dan mengendalikan semua perangkat keras.

4. Metode Virtualization

Virtualisasi adalah teknik yang sering digunakan pada server. Hal ini memungkinkan beberapa salinan dari sebuah sistem operasi yang akan
dijalankan pada satu set perangkat keras, sehingga menciptakan banyak mesin virtual. Setiap mesin virtual dapat diperlakukan sebagai sebuah komputer yang terpisah. Hal ini memungkinkan sumber daya fisik tunggal untuk berfungsi sebagai sumber daya beberapa logical.

Rangkuman

Dua hal penting sebelum melakukan instalasi sistem operasi dalam sistem 
komputer adalah memastikan komputer dalam kondisi baik dan memasitikan 
CD installer atau master program (misal windows 7) telah tersedia beserta lisensinya.

Beberapa proses proses yang dilakukan untuk instalasi sistem operasi windows antara lain ialah : setting bios untuk booting melalui CD/DVD, proses loading atau starting windows, memilih mode instalasi repair atau instal, persetujuan lisensi, memilih menu upgrade atau custom (advanced), proses copying windows file, proses expanding windows file, proses instalasi feature, proses restart otomatis, proses starting windows, proses setup is praparing your computer for first use, Setup is checking video performance, memasukkan nama pengguna, memasukkan password, memilih use recommanded setting, memilih zona waktu, menetapkan lokasi jaringan, menampilkan jendela welcome windows 7, menampilkan preparation your dekstop, menampilkan 
jendela dekstop windows 7.

Sekian artikel tentang Metode Instalasi Sistem Operasi. Semoga bermanfaat 

0 Response to "Metode Instalasi Sistem Operasi"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan. Patuhi aturan Netiquette, Jangan bicara kotor dan dilarang spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel